Cara Sehat Cegah Dan Pengobatan Serangan Sakit Jantung

Serangan Sakit jantung, secara medis biasa disebut infark miokard, adalah kondisi yang di mana pasokan darah menuju ke jantung terhambat. Ini adalah kondisi medis darurat yang biasanya disebabkan oleh penggumpalan darah atau penumpukan lemak, kolesterol, dan unsur
lainnya. 

Untuk menentukan apakah seseorang mengalami serangan jantung, biasanya akan muncul kombinasi dari beberapa gejala. Kondisi ini tidak tergantung kepada keparahan sakit dada yang dirasakan. Sakit dada yang dirasakan belum tentu terjadi pada semua orang yang merasakan sakit jantung. Kadang-kadang rasa sakitnya ringan dan disalahartikan sebagai gangguan pencernaan biasa. Sebaliknya, tidak semua sakit dada adalah akibat serangan jantung.



Penyebab  Serangan Jantung

Penyebab utama terjadinya serangan jantung adalah penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner ini terjadi karena timbunan kolesterol berupa plak yang dapat menyumbatnya pembuluh darah utama yang memasok darah ke jantung (pembuluh koroner). Plak yang retak akan mengakibatkan terjadinya penggumpalan darah. Akhirnya, penggumpalan darah menghambat pasokan darah dan oksigen ke jantung melalui pembuluh koroner. Kondisi inilah yang akhirnya menyebabkan terjadinya serangan jantung. 
Beberapa faktor Penyebab Terjadinya Serangan Jantung, antara lain:
Merokok.
Diabetes.
Kolesterol tinggi.
Tekanan darah tinggi.
Kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak.
Berat badan berlebih atau obesitas.

Jenis-Jenis Serangan Penyakit Jantung

Macam-macam Penyakit Jantung yang bisa kita bedakan berdasarkan fakta berikut ini:

a. Aterosklerosis
Aterosklerosis diakibatkan oleh dinding arteri yang mengalami penebalan karena lemak, kolesterol dan buangan sel lainnya yang mengendap sehingga pasokan darah ke sel-sel otot mengalami penghambatan. Ateroskleroris bisa terjadi di seluruh bagian tubuh. Nah, bila terjadi pada dinding jantung maka akan disebut sebagai penyakit koroner atau penyakit jantung iskemik. Penyakit ini berlangsung menahun dan timbul banyak gangguan penyakit. Penyakit ini dimulai dari adanya lesi dan retakan pembuluh darah khususnya karena ada
tekanan kuat pada pembuluh jantung. Kemudian di tahap selanjutnya, tubuh akan berusaha memperbaiki retakan tersebut dengan menempatkan zat-zat lemak pada pembuluh darah. Nah, kemudian lambat-laun karena proses keretakan yang selalu berulang, pembulun jantung pun ditutupi oleh zat-zat lemak. Gejala awal penyakit ini adalah angina pektoris yang menyebabkan rasa nyeri di daerah jantung dan dada karena berkurangnya pasokan darah dalam jantung.

b. Infark Miokard Akut
Infark Miokard merupakan kematian otot jantung yang disebabkan oleh penyumbatan pada arteri koroner. Otot-otot jantung pun akan tidak tersuplai darah sehingga mengalami kerusakan dan bahkan kematian.

c. Kelainan Katup Jantung
Katup jantung memikiki fungsi untuk mengendalikan aliran darah di dalam jantung. Nah kalau katup jantung mengalami kelainan, hal ini akan menggangu aliran darah tersebut, yakni pengecilan, kebocoran, atau tidak sempurna menutup. Kelainan katup jantung ini bisa merupakan bawaan sejak lahir ataupun karena efek samping pengobatan.

e. Gagal Jantung Kongestif
Gagal jantung merupakan jantung yang tidak mampu lagi memompa darah ke seluruh tubuh secara efektif. Dikatakan gagal bukan karena jantung berhenti bekerja tetapi juga karena jantung tidak bisa memompa sekuat biasanya. Akibatnya darah bisa masuk ke paru-paru atau bagian tubuh lainnya.

f. Kardiomiopati
Penyakit ini adalah karena adanya kerusakan atau gangguan pada otot jantung sehingga dinding-dinding jantung menjadi tidak bergerak secara sempurna ketika memompa darah dan menyedot darah. Penderia kardiomiopati pun memiliki risiko tinggi untuk mengidap arritmatia dan gagal jantung.

g. Arritmatia
Arritmia memiliki arti ‘irama jantung tidak normal’ diakibatkan oleh gangguan rangsang dan penghantaran rangsang jantung yang berat ataupun ringan.

h. Penyakit Jantung Rematik
Penyakit jantung rematik merupakan penyakit jantung yang disebabkan karena kerusakan katup jatung yang diakibatkan oleh demam rematik. Bakteri streptokokus adalah salah satu penyebabnya.

i. Inflamasi Jantung
Penyakit ini terjadi di dinding jantung, selaput yang menyelimuti jantung dan bagian dalam jantung. Hal ini disebabkan oleh racun dan infeksi.

Gejala atau ciri-ciri Serangan Jantung

Ciri2 Penyakit Jantung yang Sebaiknya Diketahui Sejak Dini. Namun untuk lebih jelasnya, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa saja gejala penyakit jantung atau ciri-ciri penyakit jantung yang bisa mengancam keselamatan Anda. Dan jika nantinya Anda merasakan atau mengalami beberapa gejala yang nantinya kita bahas pada artikel ini, segeralah untuk mengonsultasikannya ke dokter untuk mengetahui apakah gejala tersebut benar gejala penyakit jantung atau bukan.

Dan berikut ini adalah ciri2 penyakit jantung yang biasanya disebabkan oleh pola hidup tidak sehat, kurang olahraga, atau terlalu sering stres:

1. Merasa Nyeri di Dada
Rasa nyeri di dada yang dimaksudkan di sini bukanlah hanya istilah yang biasa dipakai oleh orang-orang “galau.” Para penderita penyakit jantung biasanya memang akan merasakan gejala rasa nyeri di dada yang menjadi pertanda awal seseorang yang terkena sakit jantung. Akan tetapi, masih belum bisa dipastikan apakah nyeri di dada yang Anda rasakan adalah diakibatkan oleh penyumbatan arteri atau justru gejala penyakit lain. Maka dari itu sebaiknya Anda konsultasikan masalah gejala penyakit jantung lemah ini ke dokter. Jika tidak segera ditangani dan semakin hari semakin parah, kondisi ini akan membuat tubuh penderita menjadi semakin lemah dan mati rasa. Berbahaya sekali, bukan?

2. Merasa Sakit Kepala
Mungkin jika Anda tidak jeli menyikapi ciri2 penyakit jantung, Anda akan merasa bahwa gejala sakit kepala ini adalah gejala biasa yang mungkin biasa Anda alami. Tetapi ternyata gejala sakit kepala yang diderita oleh penyakit jantung ini bisa terjadi saat penderita terkena sorotan cahaya. Apa pengaruhnya bagi jantung? Saat Anda terkena sorot cahaya, maka jantung akan terpengaruh untuk berdenyut lebih cepat dari biasanya. American Academy of Neurology mengatakan bahwa keluhan sakit kepala yang dirasakan oleh penderita sakit jantung terjadi karena adanya penyimpangan sirkulasi darah. Nah, bagi Anda yang serinng mengalami gangguan pengelihatan dan juga sering mengalami migren, mungkin Anda harus memeriksakan diri Anda. Barangkali itu adalah cikal bakal gejala penyakit jantung lemah.

3. Mudah Merasa Lelah
Ciri2 penyakit jantung selanjutnya adalah penderita akan sangat mudah merasa kelelahan meskipun tidak melakukan aktivitas yang berat. Atau jika Anda juga merasa lelah saat Anda bangun tidur ketika seharusnya Anda merasa segar, Anda harus segera memeriksakan diri Anda ke dokter untuk memastikan apakah gejala tersebut berbahaya atau tidak untuk diri Anda dan apakah gejala tersebut termasuk gejala sakit jantung atau bukan.

4. Berkeringat
Orang normal biasanya akan mengeluarkan keringat ketika berolahraga, melakukan aktivitas berat atau sedang berada di tempat yang panas. Akan tetapi Anda harus mewaspadai ciri2 penyakit jantung yang satu ini, terutama jika Anda berkeringat meskipun tidak melakukan aktivitas apapun. Hal tersebut bisa saja mengindikasikan jantung Anda mengalami masalah.

5. Merasa Mual
Sakit jantung di awal biasanya juga memberikan tanda atau gejala dengan membengkaknya bagian perut yang membuat penderita tentunya merasa mual dan muntah yang tidak wajar. Bahkan biasanya penderita penyakit jantung yang mulai merasakan gejala ini pun akan berkurang napsu makannya. Dan apabila kurangnya napsu makan tersebut terus diikuti, maka tak heran jika nantinya akan timbul penyakit baru yang akan semakin menggerogoti kesehatan penderita.

6. Keluhan Sakit pada Bagian Tubuh Tertentu
Gejala atau ciri2 peyakit jantung yang lain adalah terkadang penderita merasakan sakit pada bagian-bagian tubuh tertentu. Khususnya untuk wanita, biasanya mereka akan merasakan nyeri atau sakit pada tangan kanan dan lengan kirinya. Sedangkan untuk kaum pria biasanya akan merasakan pada bagian lengan kirinya. Rasa nyeri ini juga bisa dirasakan oleh penderita penyakit jantung pada bagian tubuh lainnya seperti di bagian bahu, leher, siku, punggung yang bisa dirasakan dan terkadang hilang dengan sendirinya. Apa penyebab rasa sakit tersebut? Jika rasa nyeri yang Anda rasakan tersebut benar gejala penyakit jantung, maka rasa nyeri atau sakit tersebut diakibatkan oleh arteri yang tersumbat karena jantung mengalami gangguan.

7. Sering Merasa Cemas
Diantara beerapa ciri2 penyakit jantung yang sudah dijelaskan tadi, mungkin yang satu ini adalah yang paling sering dianggap biasa saja. Bahkan mungkin gejala ini biasa dianggap sebagai rasa cemas biasa yang mungkin disebabkan oleh gangguan mental atau psikis. Akan tetapi saat jantung mengalami masalah, jantung akan mengalami ketegangan dan bisa membuat orang merasa cemas atau ketakutan. Akan tetapi rasa cemas berlebihan inilah yang justru juga bisa memicu orang terkena serangan jantung.

Penceagahan Serangan Penyakit Jantung

Segala hal yang kita lakukan sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh dan penyakit yang dapat kita derita. Semua penyebab utama kematian seperti kanker (faktor pencetus), penyakit jantung, stroke, penyakit paru-paru dan cedera atau penyakit lainnya dapat kita cegah dengan berbagai hal yang dapat kita lakukan. Beberapa pola dan gaya hidup sangat berkaitan dengan kondisi kesehatan dan penyakit yang kemungkinan dapat Anda alami. Berikut adalah hal-hal, pola dan gaya hidup serta tips dalam menciptakan dan mempertahankan kesehatan tubuh.

a. Jangan merokok atau menggunakan produk tembakau
Penggunaan tembakau adalah merupakan salah satu hal yang paling berbahaya yang dapat Anda lakukan dan jalani sebagai sebagai suatu gaya hidup. Satu dari tiap 6 kematian di Amerika Serikat adalah merupakan kesalahan karena gaya hidup merokok. Banyak berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh penggunaan tembakau dapat dicegah daripada penyakit yang disebabkan oleh sebab lain.

b. Batasi jumlah konsumsi alkohol yang Anda minum
Batasi minuman alcohol Anda, untuk laki-laki jangan minum alcohol lebih dari 2 minuman perhari, dan untuk wanita dibatasi hanya satu minuman dalam satu hari. Satu minuman adalah satu kaleng bir (12 ons), 4-ons gelas angur/wine atau jigger (1 ons). Telalu banyak alcohol dapat merusak hati, mendorong timbulnya beberapa kanker, seperti kanker kerongkongan dan kanker hati. Banyak kasus-kasus  ematian disebabkan karena alcohol seperi kecelakaan mobil atau kendaraan bermotor, kasus pembunuhan yang berawal dari konsumsi alcohol sampai aksi bunuh diri dengan menggunakan minuman keras.

c. Pola makan yang sehat
Beberapa penyakit yang berkaitan dengan pola makan diantaranya penyakit jantung, penyakit kanker, stroke, diabetes dan rusaknya arteri-arteri yang mensuplai darah ke seluruh tubuh. Pola makan berserat, buahbuahan dan sayur dapat membantu Anda mengurangi resiko terkena beberapa tipe kanker tertentu. Makanan dengan kandungan kalsium dapat membantu memperkuat tukang.

d. Kurangi berat badan Anda jika berlebihan
Banyak penduduk Negara besar di Amerika Serikat mengalami masalah kesehatan overweight atau kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan dapat meningkatkan faktor resiko terjadinya tekanan darah tinggi atau hipertensi, kadar kolesterol darah tinggi, penyakit kandung empedu, beberapa jenis kanker, arthritis pada sendi-sendi yang memikul beban yang terlalu berat karena overweight (arthritis pada tulang belakang, sendi lutut, atau pada pinggul). Anda dapat mengurangi kelebihan berat badan secara bertahap dan membantu Anda menjaganya tetap dalam batas normal dengan diet tinggi serat, latihan olah raga secara teratur.

e. Olahraga teratur
Dengan latihan olahraga teratur dapat membantu Anda mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, osteoporosis, depresi dan mungkin mencegah dari kanker kolon, stroke dan cedera punggung. Dengan latihan olahraga teratur Anda akan merasa lebih segar, lebih baik dan menjaga berat badan Anda tetap dalam kontrol. Sebaiknya lakukanlah latihan olahraga secara teratur selama 4-6 kali dalam seminggu dengan durasi tiap latihannya selama 30-60 menit. Dalam jumlah berapapun olahraga yang Anda lakukan sudah lebih baik daripada tidak sama sekali.

f.Jangan berjemur
Paparan sinar matahari berkaitan dengan kejadian kanker pada kulit, yang merupakan kanker kulit sering terjadi dimasyarakat. Jadi yang paling baik adalah menghindari paparan sinar matahari atau gunakan pakaian pelindung dan topi. Penggunaan sunscreen mungkin dapat membantu sedikit banyak untuk melindungi kulit jika memang karena suatu kondisi dimana Anda tidak dapat menghindari dari paparan
sinar matahari yang berbahaya. 

g. Praktek seks yang aman
Praktek seks yang paling aman adalah :
• Hubungan seks diantara 2 orang yang hanya mempunyai hubungan seks dengan pasangannya sendiri atau dengan kata lain tidak berganti-ganti pasangan
• Keduanya tidak mempunyai penyakit menular seksual (sexual transmitted diseases/std)
• Tidak saling berbagi jarum suntik untuk menyuntikkan drugs obat terlarang
• Jika Anda sama sekali tidak tahu menahu tentang kondisi pasangan Anda (mempunyai std, dll), gunakan kondom lates dan spermacide (pembunuh sperma)

h. Kendalikan kadar kolesterol Anda
Jika kadar kolesterol darah Anda tinggi, turunkan kadar kolesterol Anda dengan pola makan yang benar, seperti dengan mengurangi banyaknya lemak yang Anda makan, dan dengan melakukan latihan olahraga teratur atau mungkin jika diperlukan Anda dapat menemui dokter untuk mendapatkan beberapa obat penurun kolesterol.

i. Kontrol atau kendalikan tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi meningkatkan resiko kejadian penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal. Untuk mengontrol tekanan darah tinggi Anda yang dapat Anda lakukan adalah mengurangi berat badan Anda, latihan olahraga teratur, kurangi konsumsi sodium dalam makanan Anda, jangan merokok, hentikan merokok, konsumsi obat penurun darah tinggi jika memang dokter menganjurkan.

j. Pemeriksaan Screening
Screening kesehatan merupakan cerminan dari fisik secara tahunan. Pada screening kesehatan setiap orang mendapatkan pemeriksaan, uji dan test yang sama, hanya orang-orang tertentu akan diberikan test pemeriksaan dan uji kesehatan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuhnya. Temui dokter dan konsultasikan tentang faktor-faktor resiko yang ada pada diri Anda yang mempengaruhi kondisi kesehatan dan penyakit yang potensial akan timbul dan tentang pemeriksaan, test atau uji apa yang sesuai dengan Anda.

Pengobatan Serangan Jantung

Penanganan lebih invasif seperti operasi akan dianjurkan jika penyakit jantung bertambah parah sehingga mengganggu kualitas hidup seseorang.

a. Memperbaiki Pola Hidup
Dengan memperbaiki pola hidup, pengidap dapat terhindar dari risiko terjadinya gejala-gejala penyakit jantung. Mengubah pola hidup dapat dilakukan dengan langkah-langkah sederhana, misalnya:
Menerapkan pola makanan yang sehat.
Berhenti merokok.
Berolahraga secara teratur.
Mengurangi konsumsi minuman keras.
Langkah Penanganan Medis
Memperbaiki pola hidup saja terkadang tidak cukup untuk menangani penyakit jantung. Karena itu, dokter juga biasanya menganjurkan penggunaan obat-obatan atau prosedur operasi untuk mengatasi penyakit ini.

b. Statin
Obat ini berfungsi menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga dapat memperlambat perkembangan penyakit jantung. Beberapa jenis statin yang sering diberikan dokter adalah simvastatin, pravastatin dan atorvastatin.

c. Antiplatelet
Obat ini diminum untuk mencegah penggumpalan darah yang menyebabkan serangan jantung. Jenis antiplatelet yang umum digunakan meliputi aspirin dosis rendah, clopidogrel, ticagrelor dan prasugrel.

d. Anti-hipertensi dan obat diabetes
Jika Anda menderita tekanan darah tinggi dan/atau diabetes, sangat penting bagi Anda untuk mengontrol perkembangan penyakit-penyakit ini. Pastikan obat anti-hipertensi dan obat diabetes Anda telah sesuai dan membawa hasil yang efektif. Jika tidak, temui dokter untuk mencari cara pengobatan yang lebih cocok. Ingatlah bahwa pola hidup yang sehat juga berperan penting dalam penanganan kedua penyakit ini.


Dikutip dari berbagai sumber.

0 Response to "Cara Sehat Cegah Dan Pengobatan Serangan Sakit Jantung"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Baik Dan Benar.
Jika komentar terdapat spam, admin akan menghapus komentar tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel